Sabtu, 13 Oktober 2012

Akuntansi Keperilakuan


PEMBAHASAN

A.                 Persepsi Berbeda Tentang Perusahaan
Perusahaan merupakan organisasi yang memiliki berbagai sistem yang saling terkait. Sistem tersebut dibuat oleh sejumlah orang guna mempermudah proses operasi perusahaan serta pengendalian aktivitas perusahaan secara keseluruhan. Salah satu aspek terpenting dalam organisasi melibatkan proses akuntansi perusahaan. Dua konsep utama yaitu konsep kepemilikan dan konsep entitas, telah berulang kali dimuat dalam literature dan terkadang mengalami perbaikan, modifikasi, dan refleksi sudut pandang alternative sebagai usaha rekonsiliasi. 
Konsep Kepemilikan
Mereka yang menganut konsep telah memahami perusahaan sebagai sesuatu yang dimiliki oleh seorang pemilik tunggal, sekumpulan partner, dan sejumlah pemegang saham. Asset perusahaan dilihat sebagai  kepemilikan dari orang-orang tersebut dan kewajiban (hutang) perusahaan sebagai kewajiban mereka. Total asset dikurangi dengan total kewajiban sama dengan kekayaan bersih yang dimasukkan dalam perusahaan. Pos-pos pendapatan dan biaya akan meningkatkan atau mengurangi kekayaan bersih.
Konsep Entitas
Penganut konsep ini melihat entitas sebagai  sesuatu yang terpisah dan berbeda dari pihak-pihak yang memberikan kontribusi modal kepada entitas tersebut. Mereka memandang asset dan kewajiban sebagai milik dari entitas itu sendiri dan bukan milik dari pemegang saham atau pemilik perusaahaan. Dalam pandangan para penganut konsep ini, keuntungan yang tidak dibagi tetap milik entitas dan membentuk bagian dari ekuitas entitas sendiri
Pada tahap ini, harus ditekankan bahwa mereka yang menganut sudut pandang entitas benar-benar melihat aset bersih sebagai milik dari entitas itu sendiri dan bukan pemilik saham.
Konsep Tanggung Jawab sosial
Beberapa orang memahami perusahaan sebagai lembaga social yang beroperasi untuk memajukan seluruh anggota dan kelompok dalam masyarakat. Mereka melihat perusahaan bertanggung jawab kepada pemegang saham, manajemen, pegawai, pemasok, konsumen, pemerintah dan anggota public lainnya.

B.                 Teori - Teori Ekonomi Perusahaan
Mc Guire mengatakan area ini telah ditutupi oleh ekonom yang memandang perusahaan (Enterprise) dan wirausahawan (Entrepreneur) sebagai suatu kesatuan atau sebagai sesuatu yang sama. Dengan demikian, pada suatu waktu menyebut keuntungan sebagai pengembalian (Return) bagi perusahaan, sementara pada saat yang lain menyebut keuntungan sebagai pengembalian (Return) kepada pemilik perusahaan.
Straus dan Davis adalah wakil dari ekonom yang mengadopsi konsep entitas serta melihat perusahaan itu sendiri sebagai wirausahawan dan keuntungan sebagai penghasilan bersih dari perusahaan.
konsep kepemilikan tercermin dalam pernyataan ekonom, Milton Friedman, yang menyampaikan konsep tanggung jawab sosial yang banyak di adopsi oleh pejabat perusahaan.


Konsekuensi Dari Sudut Pandang yang Berbeda
Lorig menampilkan perbedaan akuntansi dan pelaporan yang menurutnya disebabkan oleh eksistensi dari dua sudut pandang utama. Misalnya, dia mengatakan orang yang menganut konsep entitas akan mencatat biaya untuk dividen atas saham preferen karena mereka memandang para pemegang saham preferen sebagai orang yang berbeda diluar kelompok kepemilikan, tetapi berbeda dalam kategori yang sama dengan pemegang obligasi. Sementara, orang yang menganut konsep kepemilikan. Tidak memandang demikian. Mereka yang memandang sudut pandang Husband dan Staubus yang berada pada  kontinum konsep kepemilikan akan menyesuaikan item-item yang sama ini sesuai dengan sudut pandangnya.  Disisi lain, Lorig memandang pemegang saham preferen sebagai wirausahawan. Dengan demikian, akan sulit membuat daftar perbedaan komprehensif guna melukiskan seluruh sudut pandang dalam dua kategori utama.
C.                 Beberapa Hipotesis Keprilakuan untuk Konsep yang Berbeda
Memang didasari bahwa persepsi yang berbeda sering menghasilkan toleransi dan memungkinkan seseorang untuk menerima sudut pandang orang lain sebagai sesuatu yang sah. Namun, sebagaimana disampaikan oleh Stagner, orang-orang sering menjadi sangat terlibat pada situasi di mana mereka gagal membedakan keterlibatan mereka sendiri dengan fakta spsifik. Secara khusus, ini terjadi pada situasi yang melibatkan konflik.
Alasan Terjadinya Perbedaan Persepsi
Secara jelas, persepsi, sikap, kerangka referensi, nilai, kelompok referensi, norma kelompok, lingkungan, budaya, sistem kepribadian berhubungan dengan pola interaksi secara tumpang tindih. Sikap ini adalah pembentukan psikologis yang kita pelajari sejalan dengan perkembangan kita; ketika dipelajari, sikap tersebut menuntut kita bertindak menurut karakteristik tertentu. Ini menunjukkan dampak keluarga perkembangan sikap dari setiap individu. Banyak orang menganggap faktor keluarga adalah pengaruh langsung utama karena keluarga merupakan filter biasa dimana budaya , kelas, agama, dan sumber-sumber lainnya mengalir keseorang individu diawal perkembangan usianya. Namun, terdapat peangaruh penting lain terhadap perkembangan sikap selain keluarga. Budaya adalah pengaruh paling penting yang sangat berbeda antara satu masyarakat dengan masyarakat lain. Ahli antropologi telah menunjukkan bagaimana perbedaan budaya bertanggung jawab atas bermacam-macam perbedaan sikap terhadap banyak hal. Namun, dalam pembahasan ini, budaya total tidak menjadi faktor penting karena terdapat perbedaan persepsi dalam satu budaya.
Selanjutnya, harus dinyatakan bahwa manusia tidak sepenuhnya menyadari seluruh aspek dari struktur nilai mereka atau bermacam-macam sikap yang masuk ke struktur tersebut. Oleh karena itu, mereka tidak sepenuhnya menyadari persepsi mereka terhadap lingkungan tertentu.
Beberapa Hipotesis Mengenai Konsep Kepemilikan
Terdapat hipotesis bahwa sebagian besar pemegang saham yang memiliki saham dari suatu perusahaan dalam jumlah yang substansial menganut pandanagan kepemilikan. Secara khusus, hal ini terjadi pada pemegang saham yang memiliki saham biasa dalam kuantitas yang substansial. Selanjutnya pengaruh dalam keluarga. Banyak istri dan anak dari pemegang saham yang besar juga menjadi pemegang saham, dan konsep kepemilikan diserap dalam atmosfer rumah. Banyak akuntan public mengikuti jejak ayahnya, dan bahkan ketika anaknya masuk kepekerjaan berbeda , mereka sering menggunakan banyak nilai orang tua sebagai bagian dari nilai yang dianutnya.
Beberapa Hipotesis Berkaitan Dengan Konsep Entitas
Terdapat hipotesis bahwa sebagian besar pegawai perusahaan yang tanggung jawabnya didelegasikan menganut konsep entitas; semakin tinggi skala hierarkis dari pegawai ini, semakin kuat mereka menganut konsep ini. Mayoritas dari pegawai semacam ini, baik secara sadar maupun tidak, memandang entitas sebagai pemilik dari keuntungan ketika mereka mendapatkan aset bersih. Mereka cenderung memandang pemegang saham sebagai bagian yang penting bagi perusahaan, tetapi bukan bagi pemiliknya.
Pengaruh lingkungan dalam organisasi, seperti norma kelompok eksekutif, memasukkan dasar-dasar konsep entitas, dan pengaruh ini segera diinternalisasi oleh anggota kelompok yang terrlibat secara psikologis di posisi mereka masing-masing. Bahkan, fakta bahwa anggota kelompok tersebut mungkin menduduki posisi rendah sampai menengah di perusahaan sepertinya tidak menghalangi mereka untuk memiliki sudut pandang entitas yng sama dengan yang dipegang oleh eksekutif tersebut. Selain itu, juga disampaikan hipotesis bahwa isu saham psikologis bagi eksekutif tidak akan mengubah pandangan bahwa kesejahteraan mereka bergantung pada kehidupan dan keberhasilan entitas. Mereka tidak akan memandang dirinya sebagai pemilik.
D.                 Usaha Untuk Merekonsiliasi konsep Dasar
Bagian ini akan menjelaskan dua usaha untuk merekonsiliasikan konsep kepemilikan dengan konsep entitas dalam teori akuntansi.
Teori Akuntansi Dana
Teori akuntansi dana dari Vatter dirancang menjadi sebuah ekspresi dari cara seseorang memahami perusahaan walaupun sebagian besar menganggap teori dana sebagai pengembangan dari teori entitas yang dirancang untuk menggunakan gagasan personalistik, yang merupakan usaha yang semakin banyak dilakukan dari sudut pandang statistik guna menangani masalah akuntansi.
Pegahapusan Faktor-Faktor
Bagi mereka yang melihat perusahaan dari sudut pandang kepemilikan, keuntungan dihitung berdasarkan modal yang dikontribusikan oleh pemegang obligasi ketika harga naik karena hutang tetap dan akan dilunasi dalam mata uang pada nilai yang lebih rendah. Bagi mereka yang menganut pandangan kepemilikan ekstrim, keuntungan dihitung dengan cara yang serupa untuk modal dikontribusikan oleh pemegang saham preferen. Namun, bagi mereka yang menganut konsep entitas, seluruh kewajiban dianggap sebagai kewajiban perusahaan itu sendiri, dan tidak ada perbedaan signfikan yang dibuat antara pemegang saham biasa, pemegang saham preferen, pemegang obligasi, dan kreditor jangka panjang lainnya.
Teori Komando
Teori komando dari Goldberg bukan satu—satunya teori yang berarti dalam sudut pandang sebagian besar orang. Ia sepertinya menegaskan hal ini ketika ia menegaskan bahwa sebagai gantinya ia memfokuskan perhatian pada perusahaan sebagai sesuatu yang berbeda. Sebagai entitas abstrak kita seharusnya mengarahkan perhatian langsung pada fungsi pengendalian yang dapat dilakukan oleh manusia.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

terima kasih atas postingannya ..
sangat membantu ..