Rabu, 16 Januari 2013

GARIS-GARIS BESAR HALUAN ORGANISASI (GBHO) IMAI


GARIS-GARIS BESAR HALUAN ORGANISASI (GBHO)

I.          Mukaddiah
Kebutuhan manusia dalam aktivitas makro dan mikro haruslah memiliki perangkat-perangkat yang memadai untuk menunjang aktivitas tersebut. Dalam era globalisasi, manusia dituntut untuk terus menerus bergerak mengaktualkan segala potensi kemanusiannya demi mempertahankan eksistensi genus kemanusiaan dalam dimensi kesemestaan. Untuk itu, manusia jelaslah membutuhkan perangkat-perangkat penunjang agar gerak pencapaiannya terarah dan sistematis.
Ikatan Mahasiswa Akuntansi Indonesia (IMAI) adalah satu dari serangkaian perangkat-perangkat tersebut. Dalam pembentukan awalnya, IMAI menginginkan adanya perubahan substantif dalam paradigma mahasiswa, dimana keinginan IMAI mengorientasikan aktivitasnya pada pengembangan nilai-nilai kemahasiswaan secara umum dan keakuntansian secara khusus. Oleh karena itu, IMAI pun membutuhkan pernagkat-perangkat penunjang dalam mengisi kegiatan atau aktivitasnya termasuk pembentukan arah, kebijakan, dan target yang terangkum dalam Garis-garis Besar Haluan Organisasi (GBHO).

II.        Pengertian GBHO
Garis-garis Besar Haluan Organisasi disingkat GBHO adalah perangkat penunjang organisasi, dimana pada penjabarannya menjelaskan tentang arah dan langkah strategis organisasi dalam pencapaian tujuan, selain pedoman pelaksanaan organisasi dan petunjuk-petunjuk tekhnis lainnya.

III.       Maksud dan Tujuan GBHO
Memberikan pedoman bagi IMAI ke depan dan disesuaikan dengan asas-asas dan landasan demi mencapai target dan sasaran organisasi.
IV.       Arah dan Kebijakan Strategis Lembaga
            Arah dan kebijakan organisasi haruslah mencakup beberapa langkah-langkah strategis dan dinamis, dimana pada pencapaiannya dapat sistematis dan terarah sehingga target dan sasaran organisasi dapat dicapai.
Adapun susunan garis-garis haluan organisasi terangkum dalam beberapa langkah-langkah atau tahapan, yakni Tahapan Jangka Pendek dan Tahapan Jangka Panjang. Adapun pernjabarannya akan dijelaskan secara sistematis sebagai berikut:
·         Tahapan Jangka Pendek
Adalah tahapan dimana langkah strategis yang bersifat sederhana namun dalam pelaksanaannya merupakan dasar gerak organisasi sebelum memasuki tahapan selanjutnya. Adapun program-program pencapaian dalam tahapan ini adalah sebagai berikut:
a)      Internal, meliputi:
1.      Perekrutan anggota dan pelaksanaan kaderisasi tingkat awal.
2.      Penguatan dasar-dasar profesionalisme
3.      Pemahaman dasar-dasar profesionalisme dan pelaksanaan tekhnis organisasi dan nilai-nilai kemahasiswaan.
b)     Eksternal, meliputi:
1.      Sosialisasi IMAI keseluruh Perguruan Tinggi se-Indonesia.
2.      Sosialisasi IMAI kebirokrasi pemerintahan, dan instansi-instansi yang terkait dengan program dan aktivitas IMAI.

·         Tahapan Jangka Panjang
Adalah tahapan kelanjutan dari tahapan jangka pendek, dimana pola yang terangkum dalam tahapan jangka pendek kemudian melahirkan gagasan secara eksplisit dalam rangka mengembangkan aktivitas, kinerja dan visi organisasi.

a)      Internal, meliputi:
1.      Pengembangan kaderisasi dalam aktivitas-aktivias pengkaderan formal sesuai dengan jenjang dan kebutuhan organisasi.
2.      Pengembangan wawasan keilmuan, spesifikasi akuntansi dan konsep-konsep yang memiliki keterkaitan dengan akuntansi.
3.      Pelaksanaan aktivitas organisasi secara nasionla sesuai dengan mekanisme kerja kekuasaan dan struktural organisasi.
b)     Eksternal, meliputi:
1.      Berperan aktif dalam wacana kritis kebangsaan, kemahasiswaan, dan pengembangan wawasan keilmuan akuntansi.
2.      Melaksanakan fungsi sharing partner dengan instansi-instansi yang terkait dengan aktivitas IMAI.
3.      Berperan aktif dalam pengaktualisasian dan peningkatan kualitas kemahasiswaan secara khusus, dan kepemudaan secara umum dalam skala nasional.

V.        Penutup
Demikianlah penjabaran tentang Garis-garis Besar Haluan Organisasi Ikatan Mahasiswa Akuntansi Indonesia (GBHO-IMAI). Hal-hal yang telah termaktub diatas adalah sarana bagi IMAI dalam usaha mengaktualkan aktivitas-aktivitasnya. Semoga gerak dalam pencapaian tujuan, dapat terakomodir dalam ruang penjabaran ini, dan tercapai dengan sistematis, terarah dan strategis.
Billahittaufiq wal hidayah.
           

Tidak ada komentar: